TINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA MELALUI DIGITALISASI, KOPKAR YPTA SURABAYA GELAR RAT TB 2021

Jumat, 04 Maret 2022 - 15:11:58 WIB
Dibaca: 236 kali

Koperasi Karyawan (Kopkar) Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Surabaya (YPTA) menyelenggarakan serangkaian acara Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku (RAT TB) 2021 dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diselenggarakan selama dua hari, 24 dan 25 Februari 2022. Acara dibuka dengan RAT TB 2021, dalam kesempatan ini Kopkar YPTA bekerjasama dengan Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA yang melaunching e-book milik 506 anggota Kopkar YPTA bertempat di Gedung Graha Prof Dr. H. Roeslan Abdulgani lt.2 Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Acara dihadiri secara terbatas oleh Ketua Pengurus Kopkar - Teddy Prihantono, S.E., MM., Dewan Pengawas Kopkar YPTA yang juga sebagai Direktur DSI YPTA – Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT.  dan Bendahara YPTA – J. Subekti, SH., MM.  serta diikuti oleh seluruh anggota kopkar melalui sambungan daring pada Kamis, (24/2).

Dengan adanya digitalisasi dalam setiap aktivitas pencatatan keuangannya diharapkan mampu membangun loyalitas dan kepercayaan pada setiap anggota. Hal ini disambut baik oleh Bendahara YPTA yang menekankan pada loyalitas anggota dan peningkatan daya jual koperasi. Menurutnya, dengan adanya digitalisasi yang dilakukan Kopkar YPTA mampu mendorong para anggota untuk meningkatkan transaksi. Selain itu dengan adanya persentase 13% anggota pasif, alangkah baiknya diimbangi dengan menghimpun anggota bebas aktif. “Tingkatkan loyalitas anggota dengan meningkatkan transaksi maupun memperbesar simpanan. Himpunlah anggota bebas aktif yaitu konsumen yang bukan anggota namun berdatangan dan aktif membelanjakan di toko kopkar,” papar Subekti dalam sambutan. 

Ditengah pandemi covid 19, digitalisasi menjadi fokus Kopkar YPTA dalam membantu para anggotanya untuk bisa terus memberikan pelayanan terbaik. Kedepan, Kopkar YPTA akan mengembangkan layanan e-commerce agar bisa diakses melalui digital. Saat ini selain bekerja sama dengan DSI dalam proses digitalisasi, Kopkar YPTA juga telah bekerjasama dengan PT. Simponi Artha Mandiri dan PT. Nestle untuk menghadirkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Pandemi Covid 19 tentu berpengaruh pada semua sektor di Indonesia termasuk Kopkar, khususnya sektor bursa yang kehilangan konsumen diluar anggota, oleh karenanya kita bekerjasama dengan penyedia kebutuhan pokok untuk mampu menghadirkan sembako murah selagi mempersiapkan ecommerce,” ujar Teddy. Upaya ini dilakukan guna menanggulangi penurunan transaksi konsumen diluar anggota. Selain itu, Kopkar YPTA juga bekerjasama dengan PT Mansion Properti untuk bisa memberikan kemudahan bagi anggotanya dalam penyediaan rumah baru maupun tanah kavling.  

Sementara itu, masih rangkaian dari Rapat Tahunan, pada hari kedua, (25/2) dilaksanakan pembagian SHU dan pengundian door prize berupa paket belanja, barang elektronik (kipas angin, magicom, elektrik oven, blender, kompor gas, televisi), dan uang tunai mulai dari Rp  250 ribu hingga Rp 2.5 juta kepada anggota kopkar. Pengundian dilakukan di ruang pusat layanan bahasa Fakultas Ilmu Budaya ini berlangsung secara transparan dengan mengundang beberapa saksi dari masing-masing perwakilan Lembaga YPTA mulai tingkat SMP hingga Universitas. 

Kegiatan ini merupakan acara penutup dari RAT TB 2021 dan pembagian SHU Kopkar YPTA Surabaya. Ketua Koperasi YPTA beharap anggota koperasi mampu berpartisipasi dengan kopkar salah satunya dengan menjadi supplier dalam bursa. “Saya berharap setelah adanya digitalisasi ini, dapat menumbuhkan niat dan minat anggota untuk berpartisipasi. Baik bertransaksi maupun bekerjasama sehingga mampu menumbuhkan jiwa wirausaha anggotanya selagi memajukan koperasi,” tutup Teddy yang juga sebagai pembina UMKM Sidoarjo. (am/rz/kr)


Untag Surabaya || Fakultas Ekonomi Bisnis Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya